MANFAAT DAN EFEK SAMPING BAHAN KIMIA

MANFAAT DAN EFEK SAMPING BAHAN KIMIA

Posted On : 2019-07-17 | Posted By : diansukmawati177@ymail.com

solvingcentre.com,

Manfaat dan Efek Samping Bahan Kimia

Zat-zat yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari kebanyakan tidak dalam keadaan murni, telah bercampur dengan dua atau lebih zat alinnya. Campuran suatu zat juga akan tetap mempertahankan sifat-sifat unsurnya. Oleh karena itu,suatu bahan kimia juga akan dipengaruhi oleh sifat,kegunaan,atau efek dari zat-zat yang menyusunnya. Kekuatan pengaruh sifat masing-masing zat juga bergantung pada kandungan dalam bahan yang bersangkutan. Banyak ragam bahan kimia yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini sebagian manfaat dan efek samping bahan kimia :

1. Sabbun atau diterjen

Dalam kehidupan sehari-hari, kita juga telah mengenal berbagai bahan kimia pembersih, diantaranya sabun dan diterjen. Sabun dan ditergen dapat menjadikan lemak dan minyak yang tadinya tidak dapat bercampur dengan air menjadi mudah bercampur. Sabun dan ditergen dalam air juga dapat melepaskan sejenis ion yang telah memiliki bagian yang suka air (hidrofilik) sehingga dapat larut dalam air dan bagian yang tidak suka akan air (hidrofobik) sehingga larut dalam minyak atau lemak.

2. Pemutih pakaian

Pemutih biasanya telah dijual dalam bentuk larutannya dan digunakan untuk dapat menghilangkan kotoran atau noda berwarna yang sukar untuk dihilangkan dengan hanya mengguanakan sabun atau ditergen.

3. Pewangi pakaian

Pewangi juga merupakan bahan kimia lain yang erat kaitannya dengan kehidupan kita sehari-hari. Kita juga dapat memperoleh bahan pewangi dari bahan alam maupun sintetik. Bahan pewangi alami yang sudah kita kenal diantaranya telah diperoleh dari daun kayu putih, kulit kayu manis,batang kayu cendana,bunga kenanga,bunga melati dan buah pala. Bahan pewangi sintetik biasanya telah dipakai dalam berbagai pewangi atau parfum dalam kemasan.

4. Pestisida

Bahan kimia jenis pestisida erat sekali dengan kehidupan para petani. Pestisida dipakai untuk dapat memberantas hama tanaman sehingga tidak menganggu hasil produksi pertanian. Pestisida meliputi semua jenis obat (zat/bahan kimia) pembasmi hama yang ditujukan untuk dapat melindungi tanaman dari serangga,jamur,bakteri,virus, tikus,bekicot dan nematode (cacing).


Editor : Dian Sukmawati

Post Category

Latest Article

HOTEL MURAH DI JAKARTA

Salah satu usaha untuk mengikuti perkembangan terbaru mengenai Hotel murah di Jakarta yaitu selalu mencari....

Who is the Solving Centre? The mission of the Solving Centre is to share and develop world knowledge. There is a lot of knowledge that might be of value to many people who are currently only available to a few people, either because it is still stored in their heads, or can only be accessed by certain groups. We want to connect people who have knowledge with people who need it, gather people who have different views so that they can..

Read More